SELAMAT DATANG DI FAHMI BLOG SEMOGA INFORMASI BERMANFAAT

Sabtu, 23 November 2013

Roy Suryo Upayakan 'Kereta Setan' Balik ke Indonesia

 




Jakarta -Mobil pertama di Indonesia, Benz Phaeton milik Pakubuwono X yang berjuluk 'Kereta Setan' atau kreta setan masih berada di Belanda. Mobil ini sedang diupayakan agar bisa dikembalikan ke tanah aslinya, Indonesia.

"Kita akan coba kembalikan mobil Mercedes pertama di Indonesia itu kembali ke bumi Indonesia," seru Menpora Roy Suryo di depan peserta Jambore Nasional komunitas Mercedes-Benz Club Indonesia di Kota Baru Parahyangan Bandung.

Roy Suryo yang juga penggemar mobil klasik ini mengaku sudah melakukan negosiasi awal dengan 'pemilik' mobil itu di Belanda.

"Saya secara resmi sudah mencoba melakukan negosiasi, tapi ini agak sulit karena pemiliknya adalah swasta tapi ini merupakan suatu niat kita. Ini upaya panjang mohon doa restunya, setelah mobil itu meninggalkan indonesia di tahun 1924 dan tidak pernah kembali lagi ke Indonesia," ujarnya.

Untuk mengembalikan mobil ini Roy mengaku akan menggandeng diler Mercedes-Benz Indonesia dan beberapa rekannya. Karena mobil mirip seperti kereta namun tidak ada kudanya dan bisa melaju sendiri, mobil ini sering disebut sebagai 'kereta setan' di masa itu.

Terakhir kali mobil ini terlihat di pelabuhan Semarang saat akan dikapalkan ke Belanda tahun 1924 untuk mengikuti pameran mobil di sana. Mobil yang serupa kini bisa dilihat di sebuah museum mobil di Belanda bagian selatan.

0 komentar:

Posting Komentar